Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Kemarau

Di musim kemarau, banyak kegiatan yang bisa anda lakukan di luar. Namun, pada musim kemarau Anda harus memerhatikan kondisi kesehatan, karena risiko merebaknya berbagai penyakit juga semakin meningkat.

Fakta menyebutkan, musim kemarau tidak hanya meningkatkan suhu udara, selain itu risiko paparan debu dan juga serangan serangga penyebab penyakit seperti lalat, dan nyamuk. Jika Anda tidak memperhatikan kondisi dalam menjaga kesehatan anda di musim kemarau, bukan tidak mungkin anda akan terserag beberapa penyakit seperti.

Diare

Akibat paparan debu yang meningkat di musim kemarau, sangat mungkin untuk mengontaminasi air atau makanan yang hendak konsumsi. Jika asupan itu anda konsumsi, maka anda akan mengalami diare atau buang air besar cair yang dalam sehari bisa 3 kali atau lebih.

Infeksi saluran napas atas

Pada saat musim kemarau, udara menjadi gersang yang membuat peredaran debu semakin tinggi. Keadaan ini membuat debu lebih mudah mengiritasi saluran pernafasan anda, sehingga kesehatan pernafasan anda terinfeksi. Maka, kamu harus menjaga kesehatan lebih baik lagi.

Dehidrasi

Selain itu, Suhu udara di musim kemarau yang tinggi membuat tubuh lebih mudah berkeringat. Jika Anda tak mampu mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat kemarau, bukan tak mungkin jika anda akan mengalami dehidrasi.

Agar penyakit saat musim kemarau tak mudah menyerang kesehatan Anda dan keluarga, berikut beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menghindari penyakit diatas:

 Cukup tidur

Cara menjaga kesehatan pertama anda harus tidur dengan cukup, bukan hanya di musim kemarau saja tapi di musim- musim lainnya juga. Untuk orang dewasa biasanya selama 8 jam sehari. Dengan tidur yang cukup, daya tahan tubuh Anda akan tetap optimal, sehingga anda tidak mudah terserang penyakit.

Banyak minum air putih

Seperti telah disinggung diatas, cuaca di musim kemarau yang panas membuat tubuh lebih mudah untuk berkeringat. Sehingga resiko terkena dehidrasi akan semakin meningkat. Untuk itu anda harus banyak minum air putih. Hindari minuman yang bersoda dan mengandung kafein karena hal tersebut tidak membantu untuk memenuhi cairan tubuh.

Perhatikan kebersihan diri dan bahan makanan

Paparan debu yang tinggi ketika kemarau membuat tangan atau bahan makanan lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri atau kuman penyebab penyakit. Untuk itu, Anda dituntut untuk lebih memperhatikan kebersihan diri dan asupan makanan yang hendak anda dikonsumsi. Hal yang perlu anda lakukan untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan di air mengalir dan juga

 Tetap aktif berolahraga

Berolahraga dapat menjaga daya tahan tubuh tetap sehat dan prima, sehingga penyakit tidak mudah untuk menyerang. Anda tidak perlu olahraga yang berat anda hanya perlu melakukan olahraga yang sesuai dengan kondisi anda dan juda dilakukan dengan rutin.

Mengkonsumsi makanan sehat

Mengkonsumsi makanan sehat adalah salah satu hal penting untuk kesehatan tubuh. Makanan yang cocok pada musim panas adalah makanan yang mengandung kadar air yang banyak misalnya buah semangka, stroberi, atau mentimun. Untuk menambah kenikmatan buah-buahan tersebut, bisa juga lho dibuat jus. Selain itu juga, untuk menjaga kesehatan anda harus mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna.

Menjaga kesehatan tubuh untuk tetap kuat di musim kemarau memang susah-susah gampang. Namun, dengan niat yang kuat dan dilakukan rutin anda bisa terhindar dari penyakit. Selamat mencoba.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>